Thursday, January 12, 2017

Telpon Ambulance di Jepang

Assalamu'alaikum Wr.Wb

semoga kita semua senantiasa diberkahi kesehatan dari Alloh Swt ..aamin  Pengalaman nelpon ambulance ini semoga juga cukup sekali saja ya.. :(, sedih rasanya bila keluarga ada yang sakit apalagi dalam kondisi di luar negeri seperti ini..mau minta tolong ke teman kok ya takut ngerepotin, minnta tolong tetangga jepang apalagi..meski mereka baik ,tapi selama hampir dua tahun disini paling cuman bisa sebatas menyapa saja ,dan belum bisa jadi keluarga terdekat yg bisa dimintain tolong, beda kalo di Indonesia..,tetangga adalah keluarga terdekat kami..:(
akhirnya karena ayah lagi sakit di bagian tertentu..pas jam 3 malem, nengok taxi juga gak keliatan..yang terpikir ya cuman nelpon ambulance..alhamdulillah dulu pernah datang ke fukuoka disaster prevention, disana sempat nyobain telpon telpon yg buat keadaan emergency dan alhamdulillah ada manfaatnya.
Postingan ini hanya untuk share tentang pengalaman nelpon ambulance saja ya, siapa tau ada yg membutuhkan juga.
.jadi untuk telpon emergency di jepang nomernya 119, nomer ini bisa untuk manggil pemadam kebakaran atau manggil ambulance. gak ada fasilitas minta penterjemah disini ya, jadi semuanya dilakukan pakai bahasa jepang..tapi krn mereka sudah punya step step baku apa saja yang ditanyakan, jadi lebih mudah sepertinya..
Pas aku kemarin nelpon..sekali nada panggil langsung diangkat, yang pertama ditanyakan adalah butuh manggil apa ? pemadam kebakaran atau ambulance ? ambulance bahasa jepangnya kyukusha..(diinget ya) ..jadi aku langsung jawab kyukusha onegaishimasu.
setelah itu mereka tanya alamat, alamat bahasa jepangnya jusho..jadi kalo denger ada kata jusho ya sebutin alamat kita ya.
setelah itu mereka akan tanya keluhannya apa? nah dibagian ini yg agak sulit..berhubung bahasa jepangku kosakatanya terbatas..tapi untuk bagian organ tubuh dalam bhs jepang juga sebaiknya dihapalkan..berguna kalo sedang sakit dan butuh konsultasi ke dokter sini juga kan ya, alhamdulillah pas ini diberikan kelancaran ngerecall istilah bahasa jepangnya.., bilang siapa yg sedang sakit, keluhannya apa , dan biasanya ditanya umurnya juga.
dan bagian terakhir adalah ditanya siapa ini namanya yang nelpon , dan setelah itu dia bilang oke ambulance akan segera berangkat.

beberapa saat kemudian..gak lama..gak ada 10 menit kayaknya, bakal ada telpon masuk untuk memastikan..yg ini dari pihak yg lagi didalam ambulancenya..sama dia akan nanya tentang kondisi saat ini , rumah sakit yg kira kira mau dituju sekaligus mengabarkan mereka udah dekat.

and then they finally arrived, dibawa ke dalam ambulance..lengkap ambulancenya..ada ekgnya juga didalem, dan sekaligus mereka anamnesa disitu, trus setelah mereka periksa kondisinya, mereka langsung kontak rumah sakit..komunikasi sama disana, bersedia enggak terima pasiennya..rumah sakit oke, langsung mereka jalan kesana.

dan ini semua juga tidak ditarik biaya untuk ambulancenya..biayanya ya untuk pelayanan rumah sakitnya, berhubung kami datang malam..jadi untuk biaya perawatan sementara harus siap dana sendiri dulu meski kami bawa kartu asuransi..tapi gak usah khawatir, karena besok paginya bisa langsung diurus tanpa berbelit, simple.

alhamdulillah ayah tidak perlu rawat inap, kondisi stabil tapi masih perlu pemeriksaan lanjutan..semoga sehat terus ya ayah, we love you very very much.., bunda akan lakukan yg terbaik buat ayah dan ngesupport ayah terus.. , semoga kita semua senantiasa dilimpahi kesehatan..aamiin

wassalam

bunda



Pin It

Friday, December 2, 2016

Pinjam Buku di Perpustakaan Fukuoka

Assalamu'alaikum wr.wb

Bismillah..kepengen nulis lagi ^_^
Hari ini pertama kali pinjam buku di perpustakaan Nishi yang deket sama youchiennya Zaika...iyaa..iyaaa lamaaa banget ya baru kepikiran mau pinjem buku, padahal tiap hari Rabu suka ke tempat itu (Nishi civic centre ) buat belajar bahasa jepang yg dibimbing komunitas volunteer...kemana saja selama ini...😔🙄..

oke jadi balik ya ke perpus nya..btw ini ala ala saya sendiri ya yg bahasa jepangnya juga yah standar buaaanget..baik ngomongnya maupun pemahamannya..jadi harap maklum dulu yaa. ok tsugi..
1. kita harus bikin kartu nya dulu..datengin petugasnya dan bilang : tosshoukan kado tsukuritain desu ga, dou sureba ii desu ?  terus petugasnya akan kasih formulir dan disitu kita cukup menuliskan nama, /alamat, tanggal lahir, nomer telpon..habis ditulis di formulir trus petugasnya akan minta kartu identitas kita buat dicocokin sama formulirnya tadi..tunggu gak sampe lima menit jadi deh kartunya..^_^

2. habis itu dijelaskan sama petugasnya tentang perpustakaan.., beberapa yg bisa taktangkep :
> kartu perpustakaan itu bisa digunakan di semua perpustakaan negeri yang ada di fukuoka, yang paling gede kalo di fukuoka katanya ada di perpus momochihama..ada buku non jepang juga, plus dikasihdaftar perpustakaan di fukuoka lengkap dengan alamatnya.
> satu orang bisa pinjam hingga 10 buku dengan batas waktu pengembalian selama dua minggu, jadi anggep aja baca buku sehari satu kan pas yak..hehee
> untuk pinjam bisa langsung diserahin ke petugas atau pakai mesin peminjam otomatis..ini nih bagus bangeet nih..kalau pakai mesin , itu tumpukan buku bisa langsung ditaruh sekaligus, dan nanti kelihatan di mesin berapa jumlah bukunya, kita masukin kartunya (kayaknya cuma disentuhin wae deh) trus nanti keluar kertas berisi list judul buku yg kita pinjam beserta waktu pengembaliannya..cueeepet banget..gak harus ngescan barcode bukunya satu satu pula..^_^
> pengembalian buku juga ada mesinnya, tinggal dicemplungin aja satu satu..kalo yg itu mesinnya ada di dalam perpus, tapi kalo misal perpus tutup dan kita mau balikin sewaktu waktu juga bisa..ada box buku di depannya gedungnya itu..dan kita tinggal masukin wae ke book depositnya itu..praktis banget
> petugasnya juga kasih kita kalender tanggal tanggal dimana perpus tutup, kayaknya kalo gak salah denger tiap gari senin yang perpus di nishi civic centre tutup, mungkin berbeda tiap tiap perpustakaan ya.

dan selesai deh pinjam bukunyaa..hari ini cuman pinjam 5 buku buat anak anak, berhubung berat juga bawanya kalo banyak banyak, cakep cakep, buku bergambar atau disebut e hon ...dan kayaknya bakalan sering deh pinjam bukunya, sekalian ama antar jemput zaika ..alhamdulillah...^_^

wassalamu'alaikum wr.wb






Pin It

Friday, April 15, 2016

Bagaimana bisa masuk public youchien di Jepang untuk Zaika

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hari ini pingin banget nulis tentang bagaimana akhirnya Zaika bisa keterima di tk publik di fukuoka sini, di meinohama youchien..alhamdulillah semuanya ini berkah dari Alloh Swt, yang memperlancar semuanya lewat bantuan para sensei yang baik hati..
Jadi awalnya pun hanya dari bincang bincang dengan Murayama Sensei selaku gurunya Ridho untuk bahasa jepang di SD. Murayama sensei sempat tanya bagaimana dengan zaika , apa ada rencana sekolah disini..
balik backgroundnya dulu yaa...
di Jepang ini untuk yg kegiatan preschool atau sebelum masuk SD ada dua pilihan yaitu :
1. Youchien / Kindergarten
2. Hoikuen / day care
masing masing ini berbeda , mulai dari yg mengatur lembaganya..kalo youchien dibawah dinas pendidikan , kalo hoikuen dibawah dinas sosial.
Youchien lebih untuk menyiapkan anak masuk di sekolah dasar nantinya, meski sepertinya kalo dari hasil baca baca tidak diajarkan yg sifatnya akademis, tapi lebih ke sikap dan kebiasaan di SD nanti, dan peran serta orangtua di setiap kegiatan lebih besar diharapkan dibanding hoikuen.
Kalo hoikuen itu lebih sebagai tempat penitipan anak, tapi disana pun anak juga diajarkan bagaimana bersikap yg baik dan ada kegiatan juga ,syarat utama bisa memasukkan anak di hoikuen adalah ibu harus ada kegiatan di luar sehingga anak kudu dititipin.
Dari bincang bincang dgn Murayama sensei..kami sempat utarakan bahwa berhubung akunya ini kerja dari rumah (thanks to sutocorp, dan mak mak eks MP) jadi opsi hoikuen kayaknya gak bisa, tinggal opsi youchien..youchien itu ada yg public dan ada yg private, yg private dengan biaya hidup hanya dari beasiswa ..it looks like we can not afford that , jadi pilihannya cuman public youchien .., untuk masuk sini pun kalau tidak salah baca masuknya dengan sistem lottery, siapa yg daftar paling awal : / datang paling awal untuk ambil formulir pendaftaran itulah biasanya yg dapat (dan yah karena gak canggih baca baca info dalam tulisan jepang ,gak tau juga kapan pendaftaran buat gini dibuka , jadi kami kelewatan deh buat daftar) ..oh iya public youchien se fukuoka kalau tidak salah juga cuma 7 , dan pas banget salah satunya lokasinya dekat dengan rumah. jadi pas ngobrol ngobrol sama Murayama Sensei ya cuman bilang kalau ada kesempatan pengen masukin zaika ke meinohama youchien ini..buat zaika biar banyak ketemu teman teman sebaya, selama ini zaika ketemunya ama temannya ridho yg lebih gedhe, jadi anak bawang mulu..hehe..trus kalo ketemu orang / anak jepang baru dia selalu diem,pake gerak isyarat.. pdhl aslinya cerewet, sampe ditanyain sama teman ridho..kok zaika gak ngomong, dan zaika juga sebenarnya suka sama kegiatan kayak di sekolah, dia suka maen belajar disekolah sama ridho dan selalu tanya kapan zaika sekolah juga.dari situ juga kepikiran kembali buat masukin zaika ke sekolah, aslinya sih sebenernya dah nyiapin diri buat zaika main di rumah sama aku sampe nanti balik indonesia.., jadi pas Murayama sensei nanya soal ini ya pas banget juga..langsung cerita soal kondisi kami, dan pengennya masuknya ke meinohama youchien yg public kindergarten itu.

Lalu oleh Murayama sensei, topik ini dilanjutkan ke Takabayashi sensei yang juga kepala sekolah (Kochou sensei) di SD nya Ridho, eh ternyata sensei kenal sama kepala sekolah TK meinohama, trus sensei bilang nanti coba ditanyakan ke kepala sekolah TK.

Gak berapa lama..Takabayashi sensei telpon ngajak ketemuan dengan sensei di TK,surprise dong... di rumah trus udah siap siap nyusun kata kata untuk bahan perbincangan ama sensei..biar diberi kesempatan masuk ke TK..dan ternyataaa..alhamdulillah begitu sampai TK malah mereka udah welcome banget, udah langsung diterima masuk TK..udah disiapin sgala formulir yg aku tinggal ngisi ngisi wae, alhamdulillah..., kaget, terharu dan banyak banyak banget terimakasih sama para sensei ini..
terutama Takabayashi sensei ..kochou sensei ini baiiik banget, jadi supporter, trus juga ngebantuin kontak teman yg bisa bantu aku nerjemahin segala surat, plus juga ngasih kesempatan aku untuk nampilin tentang Indonesia buat anak kelas 4 ..kalo ini mah senang banget..udah lama gak ketemu ama anak anak SD , tahun lalu ngisi kelas bahasa inggris ngebantuin sensei di SD area itoshima, dan sempat ngikut acara yg berhubungan dengan perkenalan negara asal juga..jadi kangen juga ngobrol tentang Indonesia :). Alhamdulillah dikelilingi orang orang yang baik dan selalu support..alhamdulillah.

Dari situ akhirnya zaika chan bisa masuk ke TK Meinohama...semangaaat ya zaika, ganbatte!
tambah banyak teman, tomodachi ga ippai tsukurimasu
tambah banyak bermain, ippai asobou
tambah ceria..., egao mo ippai
Insyaallah bermanfaat untuk zaika nantinya..di rumah juga tetep main ama bunda yaa.

ini bunda juga yg berasa mellow kok ya cepet banget nih anak anak sekolah..biasanya tiap pagi selalu barengan, sekarang ini satu persatu pergi sekolah..ah semangat ya semuanya..insyaallah semuanya bermanfaat,aamiin


Wassalamu'alaikum wr.wb
Fukuoka , 15 April 2016
bunda

Sent from my iPhone Pin It

Wednesday, March 2, 2016

tes posting dari email

Assalamualaikum wr.wb

berhubung lamaaa sekali blog ini gak ditengok, jadi lupa caranya posting blog dari imel..hehe , baiklah ..ini tes awal lagi setelah lama vakum..semoga berhasil..aamiin

wassalamu'alaikum wr.wb

Nieke Pin It

Friday, November 15, 2013

Belanja grocery online ? ya di alfaonline.com

Asslm.wr.wb.

sejak suami berangkat ke Jepang bulan Oktober kemarin, salah satu kendala buat aku adalah gak ada yang anterin  buat belanja kebutuhan harian. Meski supermarket ada sih deket rumah..paling 15 menit jalan juga nyampe, tapi karena ada ridho ama zaika yang masih 5 tahun dan 2 tahun cukup kebayang juga repotnya kalo harus jalan dan muterin supermarket ber3 saja sambil kemudian bawa pulang barang belanjaan plus gendong, bisa tepar saya, mau naik ojek juga sekali ngojek 10 rb sampe rumah..gak hemat juga kan ya jadinya..hehe..akhirnya mulai browsing sana sini, coba cari beberapa toko online yang bisa untuk belanja online kebutuhan harian..dari banyak pilihan akhirnya aku setia belanja di alfaonline.com, dalam 1.5 bulan ini sudah 4 kali belanja di sana..dan membantu sekali..alhamdulillah.
Di Alfaonline yang menariknya ada Promo Heboh belanja hanya 1 rupiah untuk belanja murah di alfaonline.com cuman 1 rupiah sajaaaa...horee, hemat kan..tapi promo 1 rupiah ini cuman di jam tertentu untuk produk tertentu saja, kadang pas buka webnya pas ada waktu promonya lagi berjalan ya jangan disia siakan..langsung add to cart saja.hehe..
, misalnya yg aku berhasil dapat kemaren liquid detergent yang 800 ml, harga aslinya kalo gak salah Rp 13.900 ..eh dapat dengan harga 1 rupiah saja...senangnya, dan 1 rupiah bisa dibayarkan lho, kebetulan aku kan pakai sistem pembayaran clicknpay jadi bisa bayar sesuai tepat dengan total belanjaan tanpa khawatir dikasih kembalian permen.....:p

Tapi bukan cuma faktor promo 1 rupiah saja sih yang menarikku tetap setia belanja di alfaonline,  yang utamanya karena kemudahan yang ditawarkan oleh web alfaonline dalam berbelanja, diantaranya adalah :
1. fitur cari barangnya mudah
2. panduan belanja jelas
3. harganya sama dengan yang di supermarket
4. barangnya lengkap (sampai jajanan anak anak yang kayak nyam nyam itu juga dijual lho via alfaonline..hehe..kebetulan anak anak suka nyam nyam, dan biasanya browsing di bbrp toko grocery online lainnya, jajanan kecil kecil kayak gini gak ada di daftar barang, cuman di alfa online ketemunya)  
5. gak ngantri
6. diantar sampai rumah dengan pilihan waktu pengantaran yang bisa diatur, (biaya delivery ini cuman 5000 lho buat yang belanjanya 50rb-100rb, kalo diatas 100 rb gratis delivery...hohoho)
7. bayarnya pun banyak pilihannya mau pakai apa mulai dari cash on delivery, bca, mandiri, xl tunai, telkomselcash semua bisa..,flexible banget dan  totally helpfull..:)
8. Alfaonline selalu tepat jadwal dalam pengiriman , petugasnya pun ramah, customer servicenya juga responsif

Buat yang di area jabodetabek, kalo pas gak bisa keluar buat belanja bulanan , coba deh belanja via alfaonline.com, semoga bisa merasakan kemudahan sama seperti yang aku rasakan...bisa cek lokasi dulu apakah masuk dalam area pengantaran alfaonline, caranya cukup masukkin kode pos saja..dan cek..semoga masih terjangkau dalam area pengantaran yak..:)

semoga kedepannya alfaonline makin sukses, makin lengkap barangnya, dan makin banyak voucher buat pelanggan setianya yak..haha..ngarep...

oke segitu dulu review yang ngelantur dari rajutannieke...hehe..

wassalam

Nieke


Pin It

Monday, October 7, 2013

Crochet cardigan and hat

Untuk dijual crochet cardigan lengkap dengan kupluk senada..yang ini fit buat anak sekitar 2-3 tahun kecil, lebar dadanya skitar 28cm dengan panjang 28 cm juga..kira kira jatuhnya sepinggang..hanya dibuat satu pcs saja...jadi gak bakalan ada yg ngembarin deh..:D
Harga untuk satu set rp 100rb


Kontak aku ya di
Bbm 2906fc44
Whatsapp 081219847826

Mohon maaf tidak menerima custom order

Wassalam
Nieke
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...! Pin It

Crochet hat for sale

Kupluk crochet yang baru saja selesai dibikin...modelnya bolong bolong soal'e aku pake motif pineapple buat badan topinya..., dan kalau dipakai agak sedikit jadi slouchy beanie..,insyaalloh muat untuk anak 2-4 thn, ridho 5 thn sih kepalanya juga masih muat..tapi biar lebih amannyq buat 2-4 thn saja ya....
Harga 35rb

Silahkan kontak aku ya kalau berminat
Bbm 2906fc44
Whatsapp 081219847826

Maaf tidak menerima custom order dulu ya..hanya untuk ready stok saja yg sifatnya by me...

Wassalam
Nieke
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...! Pin It