Tuesday, April 25, 2017

welcome adik!

Assalamu'alaikum wr.wb

alhamdulillah saat ini kandungan bunda sudah memasuki minggu ke 11.., bahagiaaa sekali ketika akhirnya kami kembali dititipi amanahNya, setelah mungkin sekian kali berusaha dan menunggu...semoga adik senantiasa dijaga Alloh SWT , disehatkan jasmani dan rohaninya, semoga ketika lahir kelak dan besar menjadi pribadi yang dekat dengan Alloh, dekat dengan keluarga, dan bermanfaat untuk orang banyak..aamiin aamiin Yaa Robbal Alaamiin. dan semoga kami sebagai orangtua dimampukan untuk menjaga amanah ini..aamiin.
Pertama kali periksa ke dr pas usia kehamilan sekitar 5 minggu, periksanya ke sasaki ladies clinic (ini berdasarkan hasil tanya sana sini ke teman teman tentang rekomendasi dokter) , sempat sebelumnya coba datang ke klinik kebidanan dekat rumah..tapi ternyata drnya tidak bisa milih dr perempuan..zannen.. padahal tempatnya deket banget cuman 10 menit dari rumah..dan hasil browsing lumayan ratingnya bagus untuk sekitar wilayah di sekitarku. cuman yah ..salah satu yg menjadi pertimbangan adalah cari dokter perempuan terutama ketika kontrol rutin, akhirnya kembali ke rekomendasi awal ke sasaki ladies clinic (SLC) .
Pas periksa kehamilan 5 minggu..di usg dan kelihatan baru gestational sac ( kantung kehamilan ) , belum kelihatan isinya.., direncanakan kontrol kembali 2 minggu kemudian sambil nanti rencana dipapsmear sekalian . Untuk kunjungan first visit ini lumayan juga biayanya..tapi semoga senantiasa diberi kemudahan rejeki dari Alloh.
Pemeriksaan kedua , sekitar usia kehamilan mau 8 minggu...alhamdulillah ...saat ini pas akhirnya diusg, sudah kelihatan adik didalam, ukurannya masih sekitar 1,2 cm...dengan detak jantung yang subhannalllah terdengar kuat, langsung mata ini berkaca kaca, merasakan keajaiban yang dianugrahkan Alloh SWT, akhirnya bunda bisa denger adik..selama ini bunda cuma ngobrol sama adik, yg sehat ya didalam..bunda juga jaga semuanya disini biar adik juga sehat.
Proses papsmear juga cepet banget, relatif lebih gak kerasa dibandingkan proses papsmear di Indonesia, gak berasa sama sekali ada cocor bebek yg masuk..atau pake instrumen lain ya ? ah tapi kan kudunya prosedurnya sama ya dimana mana..cuman memang gak berasa blas.., oh iya kursi periksanya juga lucu, otomatis muter, ngangkat dan memposisikan kaki biar siap diperiksa, pas diputar ada tirainya didepan jadi kita gak tau ngapain aja dokternya disitu..:) , entah lah ini sisi positif atau negatif..tergantung individunya kali ya..kalo saya lebih seneng yang terbuka , bisa lihat dokternya langsung.
Alhamdulillah juga untuk papsmear ini ternyata gratis juga dari pemerintah jepang, sepertinya dua kali setahun..bisa dapat fasilitas ini..lumayan, kata petugasnya biasanya sekitar 1 man lebih ( 1 juta lebih) .
selanjutnya direncanakan periksa lagi 2 minggu kemudian.

Pemeriksaan ketiga baru saja minggu kemarin sebelum blog ini ditulis, adik sudah masuk usia 10 minggu kandungan...sudah doubled in size dalam jangka waktu dua minggu..besarnya sudah sekitar 3,3 cm , sudah kelihatan bakal mata, bakal rahang dan hidung, tangan dan kaki yang kelihatan lebih jelas dibanding 2 minggu lalu..alhamdulillah.
Saat pemeriksaan ke 3 ini sudah mulai dicek lengkap, periksa urine, darah , tensi dan berat badan. dan diberikan surat keterangan dari dokter untuk minta buku ibu dan anak (boshi techou ) di ward office ...dan juga pas bayarnya alhamdulillah sudah dapat diskon jadi gak bayar.., diskon ini dari pemerintah, jadi untuk pemeriksaan rutin ibu hamil sekitar 14 kali kalo gak salah, dibantu oleh pemerintah. diskon dimulai ketika usia kehamilan masuk 10 minggu. Alhamdulillah terbantu sekali..disaat kemungkinan besar setelah ini gak lanjut kerja packingan lagi karena mau lebih fokus sama keluarga terutama ridho dan zaika , sebelum adiknya lahir..krn biasanya stelah lahir mungkin bunda akan lebih disibukkan dengan adik, mumpung adik skrg masih di perut, bunda pengeeeen bisa lebih deket sama anak anak. Kerja packingan meski dilakukan di rumah tetep aja cukup menyita waktu dan perhatian..dan juga tenaga , pas hamil ketiga ini berasa tenaganya sudah mulai banyak berkurang, mungkin faktor umur, faktor badan yg memang sudah tidak sekuat dulu..gampang banget kehabisan nafas pas naik turun tangga, dan cukup lama juga berasa mualnya sampai usia kehamilan 10 minggu ini..semoga Alloh mudahkan semuanya..aamiin.

Oh iya..rencana lahiran..sebenarnya pengennya lahiran sudah balik ke Indonesia, tapi sepertinya hal tersebut agak susah diwujudkan, melihat kondisi studi suami saat ini..tapi ayah sudah berusaha keras biar cepat selesai, bila memang belum memungkinkan ya harus diterima sambil tetap berusaha...bila perpanjangan juga siap siap harus biaya sendiri terutama utk biaya hidup, kerjaan pun disaat harus berhenti juga harus tetap yakin dengan rejeki Alloh, semua rejeki dari Alloh SWT, kita berusaha saja semoga semuanya dimudahkan..aamiin.

akhir kata : welcome my baby, sehat terus didalam kandungan bunda yaaa..bunda, ayah, kak ridho, kak zaika semuuuuaaanya nungguin adik, sayaaaang banget sama adik, sehat terus adik..aamiin

wassalamu'alaikum
bunda



Sent from my iPhone Pin It

Wednesday, April 19, 2017

lumpia basah ala apa yang ada ..

Assalamu'alaikum Wr.Wb

udah 3 tahun gak pernah pulang ke Indonesia..kangen banget sama semuanya, sama keluarga, sama tetangga, sama teman teman..dan juga kangen makanannya ..nasi padang, cilok, bubur ayam, lontong sayur..semua yg dulu kalo mau beli tinggal tunggu manis di rumah, nunggu bapak penjualnya lewat..atau jalan bentar ke warung depan rumah juga udah banyak banget makanan dijual...
Kemarin pas jalan jalan di fb , lihat postingan temen gambar lumpia basah bandung...waaah apa itu..sepertinya enaaak (dari gambarnya) , aku juga gak pernah makan jadi gak tau rasa aslinya gimana.., yo wis selak kepengen, google wae resepnya..ternyata bahannya butuh telur, tauge sama BENGKUANG ...wahh..gak ada bengkuang disini, apa yaa yg kira kira mirip mirip..kepikirannya ama lobak jepang . Lobak Jepang / daikon kan banyaak banget disini, hampir tiap saat pasti ada..sepertinya gak tergantung musim kali, gak tau juga sih ya. Nah biasanya daikon itu paling aku buat asinan /asem'an sayur wae sama wortel..kadang juga cuman direbus sama dashi tapi yang ini gak begitu doyan, lebih doyan dibikin asinan..tapi yg doyan aku tok..haha.
Ya sudah akhirnya siapin bahan bahannya deh, beli daikon yg cuman seperempat bagian , kebetulan di rumah ada tortilla wrap halal ..jadi itu buat gantinya kulit lumpia wae, krn aku belum pernah berhasil bikin kulit lumpia sendiri..dan kalopun beli kayak model kulit gyoza itupun biasanya di ingredient ada alkoholnya, jadi gak pernah beli.., adanya yg halal kulit tortilla wae..ya sudahlah ya pakai itu aja yaa.., sekalian ini resepnya yg ala apa adanya itu (hasil liat google juga)

bahan manisan daikon :
- gula merah 1 buletan
- air satu setengah gelas
- gula biasa paling 2 sendok
- 1/4 daikon yang sudah diiris kayak korek api

bahan bumbu
- 3 butir bawang putih
- 2 bawang merah
(bawang merah ngirit ngirit...disini bawang merah belinya cuman bisa di toko halal dan gak murah)

bahan lain
- telur 1 butir
- tauge sebungkus ..paling 200 gram
- tepung maizena / corn starch
- garam , gula , boncabe (berhubung suka pedes)

cara
1. bikin manisan daikon : air dan gula merah direbus , masukin daikon , masak sampai airnya agak menyusut. ambil daikonnya..air gula sisanya lalu dikentalkan dengan ditambah tepung maizena

2. bahan isian : tumis bawang putih bawang merah, masukin telur terus diorak arik, masukin tauge, manisan daikon , bumbu garam gula boncabe sesuai selera

3. siapin kulit tortilla, olesi dengan air gula kental tadi, masukkan isinya, kasih dripping air gula lagi diatasnya

rasanya enak sih..manis manis tapi gak seberapa manis, sedep gitu...alhamdulillah, semoga nanti kalosudah pulang bisa ngerasain lumpia basah bandung yg aslinya kayak gimana.. hehee


sekian
wassalamu'alaikum wr. wb

Nieke Pin It

Thursday, March 23, 2017

ika no o sushi いか の お すし

Assalamu'alaikum wr.wb

ika no o sushi...apaan hayo..😊
berhubung anak anak sudah mau liburan sekolah lagi, kembali diingatkan dengan moto ika no o sushi..ini singkatan buat tindakan yang musti dilakuin anak anak bila ada orang tidak dikenal yang tiba tiba ngajakin mereka ..singkatannya lucu jadi ika no o sushi..kalo diterjemahin jadi sushi cumi cumi ..hehe, terus kepanjangannya :

ika : ikanai : gak mau pergi
no : noranai : gak mau naik (kalo org gak dikenal yg ngajakin naik mobil)
o : ooki goe o dasu : teriak minta tolong yang keras --- tasukete!!
su : sugu nigeru : segera lari
shi : shiraseru : lapor ke ayah ibu/ sensei / org yg dikenal

meski di Jepang relatif aman banget buat anak anak bermain di luar, tapi musti tetap waspada kan .
anak anak dilingkunganku sini cenderung ramah, gak takut sama orang asing..mereka selalu nyapa atau paling enggak anggukin kepala tiap ketemu orang di jalan..ini sebenarnya juga termasuk di latihan pembiasaan mereka di sekolah sih, yaitu sapaan / aisatsu bila ketemu orang..sampai ada kartu chalenge nya segala lho buat itu ,jadi kalo gak salah tiap 2 bulan sekali guru kasih kartu chalenge gitu buat seminggu , isinya
1.aisatsu (sapaan kalo ketemu orang, sapaan ke orang rumah kayak ohayou, konnichiwa),
2 kutsu o naraberu (ngerapiin sepatu sendiri di rumah) ,
3 ato katasuke ( ngeberesin mainan setelah maen)

kurang satu kayaknya..maap lupaaa..terus kalo mereka berhasil ngelakuin di hari itu, kartunya dilingkari sama ortunya, trus nanti dikasih stamp sama sensei.

meski ada aisatsu gitu bila ketemu orang, tapi disisi lain mereka juga diajari untuk selalu waspada dengan ajakan orang tak dikenal..kalo sekedar nyapa saja boleh, ngobrol hayo..tapi kalo diajakin mereka gak mau..ya begitulah kira kira.
Dulu pas awal awal di Jepang, pas anak anak belum pada masuk sekolah..pernah memang ketemu anak kecil di tempat nunggu bis, anak itu sama ibunya..trus dia lihat kami, eh dia sopan banget nyapa ..konnichiwa...batinku pas itu ah anak ini sopan banget sih, sama orang yg gak dikenal nyapa ..padahal ada kan istilah 'don't talk to strangers' tapi disini anak anak nyapa duluan.., cuman ya itu meski ramah tapi juga tetep dilatih kewaspadaan salah satunya dengan moto ika no o sushi itu tadi..jadinya balance.

baik, sgitu dulu cerita ika no o sushinya

met liburan ya anak anak....kemana nih kita ? gak kemana mana kali..soalnya bunda lagi sedikit morning sickness..alhamdulillah .., tapi semoga senantiasa sehat semuanya (yang ini ceritanya di lain waktu ya insyaallah)

wassalam

nieke






Sent from my iPhone Pin It

Monday, March 20, 2017

kegiatan E Hon Circle di sekolah Zaika

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Hari ini mau cerita tentang salah satu kegiatan ibu ibu di TK Zaika...aku ikutan e hon circle, itu kegiatan yang berkaitan sama buku bergambar ( e hon : picture book)...meski belum paham bahasa Jepang, tapi lumayanlah bisa baca hiragana katakana..kalo kanji nyerah wis, hihi..cuman e hon itu kan buku cerita buat anak..jadi ya tulisannya disitu pakai hiragana katakana semua..
Awal mula ikutan e hon circle karena diajakin sama leader e hon tahun itu..namanya Tashiro san, orangnya baiiik banget, friendly, dan semangat banget..ya udah akhirnya ngikut meski bahasa jepang pas pas an banget. Tujuan utama supaya aku bisa lebih bisa ikut liatin zaika kalo di sekolah..karena ini sekolah pertama dia, apalagi di lingkungan dengan anak asing, dan saat itu zaika sama sekali gak bisa bahasa Jepang.. kalo ikutan model PTA atau jadi yakuin itu kan impossible banget buat aku , malah jadinya tambah ngerepotin daripada ngebantuin entar..hehe, salah satu cara yg aku bisa ikut ya kegiatan e hon ini, dan alhamdulillah selama aku ikutan ini , leader Tashiro san saking baiknya dia selalu bikin note khusus buat aku yg diprint versi hiragana nya (tanpa kanji) , dan selalu ngeinfo secara personal kalau ada info meeting.

Kegiatan utama ehon circle bacain buku buat anak anak di kelas, dan event lainnya seperti book fiesta, waku waku e hon kan ( pas pulang sekolah ada acara bacaain buku dan bantuin ngedata yg pinjam/ balikin buku) atau ikutan tampil di saat acara tampilan terakhir pas mau lulusan, atau sekedar ngerapiin koleksi buku di perpusnya TK .
Menyenangkan banget..apalagi pas bacain buku buat anak anak..lihat senyum mereka, mata mereka yg sparkly bersemangat gitu jadi tambah seneng liatnya..bukan hanya khusus zaika tapi juga anak anak lain, rasanya seneng liat semangat mereka. kalo pas bacain buku..biasanya kita dijemput, digandeng sama anak anak yg hari itu jadi petugas ( o touban) ....:) trus di kelas anak anak yg lain juga udah nungguin dengan semangat.
oh iya..dari e hon pun sepertinya kita bisa belajar juga bahasa jepang dari situ..karena bahasanya simple buat anak anak..kalo gak ngerti ya tetep wae andalannya fotoin ama google translate..hehee..
satu lagi..nambah temen...dengan ikut kegiatan itu jadi bisa kenal juga sama ibu ibu yg anaknya gak sekelas ..meski ya tetep komunikasiku masih terbatas banget nget nget, tapi alhamdulillah masih ada salah satu ibu disitu yang lancar bahasa inggrisnya krn dia pernah di Canada...
Pas book fiesta juga banyak kegiatan yg ditampilkan, ada bacain buku besar, drama, black panel , sama pertunjukkan boneka.., waktu itu aku ikutan di bagian bacain buku besar wae karena utk itu cukup dengan bisa baca hiragana saja..artinya belakangan...:), seringnya sih aku ambil bagian yg gak mengharuskan aku ngomong atau ngerti artinya, kayak ngikut pertunjukkan boneka misalnya..bagian gerak2xin doang..hehehe

ya begitulah..sekelumit cerita tentang e hon circle, tahun ini leadernya dah ganti..jumlah membernya juga makin dikit karena sekolah zaika gak buka buat kelas kecil tahun ini..tapi tetep semangat ! semoga lancar e hon circle tahun ini.


wassalamu'alaikum wr wb

Nieke  Pin It

Monday, March 6, 2017

tanjoukai / pesta ulang tahun di Meinohama Youchien

Assalamu'alaikum Wr Wb

Kali ini mau cerita tentang tanjoukai atau pesta ulang tahun di TK nya Zaika...:)
beda banget dengan di Indonesia ..disini perayaan tanjoukai bukan buat masing masing anak lho..kalau di TK sini perayaannya digabungin 2 bulan sekali. Maksudnya..sebagai contoh, zaika kan kelahiran oktober..jadi untuk ngerayainnya semua anak anak se TK yang kelahiran oktober digabung dengan yang kelahiran November, dirayakan di satu hari yang sama.
Siapa yg bikin acara ...jeng jeng ..ibu ibu nya anak anak yg di bulan itu ultah.
Tidak ada kue ulang tahun di sekolah, tidak ada hadiah dibungkus kado buat anak anak..yang ada ibu ibu pada ganbatte bikin show buat mereka.
Buat bikin acara tanjoukai anak anak, kami (ibu ibu) musti latihan sampai 4 kali pertemuan..pertemuan pertama membahas mau nampilin apa nih, dan 3 pertemuan selanjutnya buat latihan. kelompokku ada sekitar 15 ibu , kami rencana bikin tebak tebakan benda..yang pertama butuh projector dan layar besar , ibu ibu nya bikin bentuk bentuk lucu yg mudah dikenal sama anak anak.. terus ditaruh di depan projector jadi kelihatan bayangannya ..dan anak anak disuruh tebak.
game yang kedua..teteep main tebak tebakan benda..cuman yang ini kita pake bantuan tirai..tirainya ditutup sedemikian rupa hingga tinggal sekitar 1 meter yg terbuka..terus kita saling lempar tangkap benda yang kelihatan dari celah itu..kan cuman kelihatan sekilas tuh bendanya, trus anak anak disuruh nebak lagi..
trus show yang ketiga nampilin lagu happy birthday deh..masing masing ibu pegang alat musik, aku kebagian pegang drum.. heheee

Tanjoukainya dilaksanain pas hari Rabu..karena hari Rabu TK cuman sampai jam 11.30 saja..jadi seharian buat acara tanjoukai mulai jam 9.30 sampe 11.30..
Pertama yang ulangtahun di dua bulan itu dipanggil satu persatu ke atas panggung, diberi mahkota ..trus mereka duduk diatas panggung, setelah itu nyanyi bareng..nyanyian tanjoukai, trus juga masing masing kelas pada nampilin nyanyian..lucuuu banget.., setelah itu baru show dari ibu ibunya.

trus pas di hari mereka ultah nanti..di kelas masing masing juga akan nyanyi tanjoukai khusus buat anak yg ultah di hari itu..dan pas hari itu dikasih bingkisan gambar yg ada cap tangan mereka, ada fotonya dan ada pesen dari senseinya...ureshikatta.

jadi begitulah acara tanjoukai di TK zaika..gak ada yang bawa kue, ataupun bawa kado, tapi teteeep berkesan banget buat mereka..apalagi yang tampil saat itu ibu ibu mereka mereka sendiri . zaika juga seneng banget, dia gak sabar buat ceritain ke ayahnya tentang tanjoukainya hari itu..

dengan acara yang dikemas seperti ini, menghindari juga kecemburuan dari anak anak kayaknya ya..karena gak ada salah satu anak yg khusus ngadain pesta di sekolah, sedang mungkin anak lain karena berbagai kondisi mereka tidak ngadain di sekolah.., perkara nanti di rumah mau ngadain sendiri ya silahkan ya,  dan kelebihan lainnya karena ini bagian dari kerja team  para ibu untuk anak anaknya. 

demikian ceritanya
sampai ketemu lagi

Wassalam
Nieke Pin It

Thursday, January 12, 2017

Telpon Ambulance di Jepang

Assalamu'alaikum Wr.Wb

semoga kita semua senantiasa diberkahi kesehatan dari Alloh Swt ..aamin  Pengalaman nelpon ambulance ini semoga juga cukup sekali saja ya.. :(, sedih rasanya bila keluarga ada yang sakit apalagi dalam kondisi di luar negeri seperti ini..mau minta tolong ke teman kok ya takut ngerepotin, minnta tolong tetangga jepang apalagi..meski mereka baik ,tapi selama hampir dua tahun disini paling cuman bisa sebatas menyapa saja ,dan belum bisa jadi keluarga terdekat yg bisa dimintain tolong, beda kalo di Indonesia..,tetangga adalah keluarga terdekat kami..:(
akhirnya karena ayah lagi sakit di bagian tertentu..pas jam 3 malem, nengok taxi juga gak keliatan..yang terpikir ya cuman nelpon ambulance..alhamdulillah dulu pernah datang ke fukuoka disaster prevention, disana sempat nyobain telpon telpon yg buat keadaan emergency dan alhamdulillah ada manfaatnya.
Postingan ini hanya untuk share tentang pengalaman nelpon ambulance saja ya, siapa tau ada yg membutuhkan juga.
.jadi untuk telpon emergency di jepang nomernya 119, nomer ini bisa untuk manggil pemadam kebakaran atau manggil ambulance. gak ada fasilitas minta penterjemah disini ya, jadi semuanya dilakukan pakai bahasa jepang..tapi krn mereka sudah punya step step baku apa saja yang ditanyakan, jadi lebih mudah sepertinya..
Pas aku kemarin nelpon..sekali nada panggil langsung diangkat, yang pertama ditanyakan adalah butuh manggil apa ? pemadam kebakaran atau ambulance ? ambulance bahasa jepangnya kyukusha..(diinget ya) ..jadi aku langsung jawab kyukusha onegaishimasu.
setelah itu mereka tanya alamat, alamat bahasa jepangnya jusho..jadi kalo denger ada kata jusho ya sebutin alamat kita ya.
setelah itu mereka akan tanya keluhannya apa? nah dibagian ini yg agak sulit..berhubung bahasa jepangku kosakatanya terbatas..tapi untuk bagian organ tubuh dalam bhs jepang juga sebaiknya dihapalkan..berguna kalo sedang sakit dan butuh konsultasi ke dokter sini juga kan ya, alhamdulillah pas ini diberikan kelancaran ngerecall istilah bahasa jepangnya.., bilang siapa yg sedang sakit, keluhannya apa , dan biasanya ditanya umurnya juga.
dan bagian terakhir adalah ditanya siapa ini namanya yang nelpon , dan setelah itu dia bilang oke ambulance akan segera berangkat.

beberapa saat kemudian..gak lama..gak ada 10 menit kayaknya, bakal ada telpon masuk untuk memastikan..yg ini dari pihak yg lagi didalam ambulancenya..sama dia akan nanya tentang kondisi saat ini , rumah sakit yg kira kira mau dituju sekaligus mengabarkan mereka udah dekat.

and then they finally arrived, dibawa ke dalam ambulance..lengkap ambulancenya..ada ekgnya juga didalem, dan sekaligus mereka anamnesa disitu, trus setelah mereka periksa kondisinya, mereka langsung kontak rumah sakit..komunikasi sama disana, bersedia enggak terima pasiennya..rumah sakit oke, langsung mereka jalan kesana.

dan ini semua juga tidak ditarik biaya untuk ambulancenya..biayanya ya untuk pelayanan rumah sakitnya, berhubung kami datang malam..jadi untuk biaya perawatan sementara harus siap dana sendiri dulu meski kami bawa kartu asuransi..tapi gak usah khawatir, karena besok paginya bisa langsung diurus tanpa berbelit, simple.

alhamdulillah ayah tidak perlu rawat inap, kondisi stabil tapi masih perlu pemeriksaan lanjutan..semoga sehat terus ya ayah, we love you very very much.., bunda akan lakukan yg terbaik buat ayah dan ngesupport ayah terus.. , semoga kita semua senantiasa dilimpahi kesehatan..aamiin

wassalam

bunda



Pin It

Friday, December 2, 2016

Pinjam Buku di Perpustakaan Fukuoka

Assalamu'alaikum wr.wb

Bismillah..kepengen nulis lagi ^_^
Hari ini pertama kali pinjam buku di perpustakaan Nishi yang deket sama youchiennya Zaika...iyaa..iyaaa lamaaa banget ya baru kepikiran mau pinjem buku, padahal tiap hari Rabu suka ke tempat itu (Nishi civic centre ) buat belajar bahasa jepang yg dibimbing komunitas volunteer...kemana saja selama ini...😔🙄..

oke jadi balik ya ke perpus nya..btw ini ala ala saya sendiri ya yg bahasa jepangnya juga yah standar buaaanget..baik ngomongnya maupun pemahamannya..jadi harap maklum dulu yaa. ok tsugi..
1. kita harus bikin kartu nya dulu..datengin petugasnya dan bilang : tosshoukan kado tsukuritain desu ga, dou sureba ii desu ?  terus petugasnya akan kasih formulir dan disitu kita cukup menuliskan nama, /alamat, tanggal lahir, nomer telpon..habis ditulis di formulir trus petugasnya akan minta kartu identitas kita buat dicocokin sama formulirnya tadi..tunggu gak sampe lima menit jadi deh kartunya..^_^

2. habis itu dijelaskan sama petugasnya tentang perpustakaan.., beberapa yg bisa taktangkep :
> kartu perpustakaan itu bisa digunakan di semua perpustakaan negeri yang ada di fukuoka, yang paling gede kalo di fukuoka katanya ada di perpus momochihama..ada buku non jepang juga, plus dikasihdaftar perpustakaan di fukuoka lengkap dengan alamatnya.
> satu orang bisa pinjam hingga 10 buku dengan batas waktu pengembalian selama dua minggu, jadi anggep aja baca buku sehari satu kan pas yak..hehee
> untuk pinjam bisa langsung diserahin ke petugas atau pakai mesin peminjam otomatis..ini nih bagus bangeet nih..kalau pakai mesin , itu tumpukan buku bisa langsung ditaruh sekaligus, dan nanti kelihatan di mesin berapa jumlah bukunya, kita masukin kartunya (kayaknya cuma disentuhin wae deh) trus nanti keluar kertas berisi list judul buku yg kita pinjam beserta waktu pengembaliannya..cueeepet banget..gak harus ngescan barcode bukunya satu satu pula..^_^
> pengembalian buku juga ada mesinnya, tinggal dicemplungin aja satu satu..kalo yg itu mesinnya ada di dalam perpus, tapi kalo misal perpus tutup dan kita mau balikin sewaktu waktu juga bisa..ada box buku di depannya gedungnya itu..dan kita tinggal masukin wae ke book depositnya itu..praktis banget
> petugasnya juga kasih kita kalender tanggal tanggal dimana perpus tutup, kayaknya kalo gak salah denger tiap gari senin yang perpus di nishi civic centre tutup, mungkin berbeda tiap tiap perpustakaan ya.

dan selesai deh pinjam bukunyaa..hari ini cuman pinjam 5 buku buat anak anak, berhubung berat juga bawanya kalo banyak banyak, cakep cakep, buku bergambar atau disebut e hon ...dan kayaknya bakalan sering deh pinjam bukunya, sekalian ama antar jemput zaika ..alhamdulillah...^_^

wassalamu'alaikum wr.wb






Pin It