Monday, March 20, 2017

kegiatan E Hon Circle di sekolah Zaika

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Hari ini mau cerita tentang salah satu kegiatan ibu ibu di TK Zaika...aku ikutan e hon circle, itu kegiatan yang berkaitan sama buku bergambar ( e hon : picture book)...meski belum paham bahasa Jepang, tapi lumayanlah bisa baca hiragana katakana..kalo kanji nyerah wis, hihi..cuman e hon itu kan buku cerita buat anak..jadi ya tulisannya disitu pakai hiragana katakana semua..
Awal mula ikutan e hon circle karena diajakin sama leader e hon tahun itu..namanya Tashiro san, orangnya baiiik banget, friendly, dan semangat banget..ya udah akhirnya ngikut meski bahasa jepang pas pas an banget. Tujuan utama supaya aku bisa lebih bisa ikut liatin zaika kalo di sekolah..karena ini sekolah pertama dia, apalagi di lingkungan dengan anak asing, dan saat itu zaika sama sekali gak bisa bahasa Jepang.. kalo ikutan model PTA atau jadi yakuin itu kan impossible banget buat aku , malah jadinya tambah ngerepotin daripada ngebantuin entar..hehe, salah satu cara yg aku bisa ikut ya kegiatan e hon ini, dan alhamdulillah selama aku ikutan ini , leader Tashiro san saking baiknya dia selalu bikin note khusus buat aku yg diprint versi hiragana nya (tanpa kanji) , dan selalu ngeinfo secara personal kalau ada info meeting.

Kegiatan utama ehon circle bacain buku buat anak anak di kelas, dan event lainnya seperti book fiesta, waku waku e hon kan ( pas pulang sekolah ada acara bacaain buku dan bantuin ngedata yg pinjam/ balikin buku) atau ikutan tampil di saat acara tampilan terakhir pas mau lulusan, atau sekedar ngerapiin koleksi buku di perpusnya TK .
Menyenangkan banget..apalagi pas bacain buku buat anak anak..lihat senyum mereka, mata mereka yg sparkly bersemangat gitu jadi tambah seneng liatnya..bukan hanya khusus zaika tapi juga anak anak lain, rasanya seneng liat semangat mereka. kalo pas bacain buku..biasanya kita dijemput, digandeng sama anak anak yg hari itu jadi petugas ( o touban) ....:) trus di kelas anak anak yg lain juga udah nungguin dengan semangat.
oh iya..dari e hon pun sepertinya kita bisa belajar juga bahasa jepang dari situ..karena bahasanya simple buat anak anak..kalo gak ngerti ya tetep wae andalannya fotoin ama google translate..hehee..
satu lagi..nambah temen...dengan ikut kegiatan itu jadi bisa kenal juga sama ibu ibu yg anaknya gak sekelas ..meski ya tetep komunikasiku masih terbatas banget nget nget, tapi alhamdulillah masih ada salah satu ibu disitu yang lancar bahasa inggrisnya krn dia pernah di Canada...
Pas book fiesta juga banyak kegiatan yg ditampilkan, ada bacain buku besar, drama, black panel , sama pertunjukkan boneka.., waktu itu aku ikutan di bagian bacain buku besar wae karena utk itu cukup dengan bisa baca hiragana saja..artinya belakangan...:), seringnya sih aku ambil bagian yg gak mengharuskan aku ngomong atau ngerti artinya, kayak ngikut pertunjukkan boneka misalnya..bagian gerak2xin doang..hehehe

ya begitulah..sekelumit cerita tentang e hon circle, tahun ini leadernya dah ganti..jumlah membernya juga makin dikit karena sekolah zaika gak buka buat kelas kecil tahun ini..tapi tetep semangat ! semoga lancar e hon circle tahun ini.


wassalamu'alaikum wr wb

Nieke  Pin It

No comments:

Post a Comment