Monday, March 6, 2017

tanjoukai / pesta ulang tahun di Meinohama Youchien

Assalamu'alaikum Wr Wb

Kali ini mau cerita tentang tanjoukai atau pesta ulang tahun di TK nya Zaika...:)
beda banget dengan di Indonesia ..disini perayaan tanjoukai bukan buat masing masing anak lho..kalau di TK sini perayaannya digabungin 2 bulan sekali. Maksudnya..sebagai contoh, zaika kan kelahiran oktober..jadi untuk ngerayainnya semua anak anak se TK yang kelahiran oktober digabung dengan yang kelahiran November, dirayakan di satu hari yang sama.
Siapa yg bikin acara ...jeng jeng ..ibu ibu nya anak anak yg di bulan itu ultah.
Tidak ada kue ulang tahun di sekolah, tidak ada hadiah dibungkus kado buat anak anak..yang ada ibu ibu pada ganbatte bikin show buat mereka.
Buat bikin acara tanjoukai anak anak, kami (ibu ibu) musti latihan sampai 4 kali pertemuan..pertemuan pertama membahas mau nampilin apa nih, dan 3 pertemuan selanjutnya buat latihan. kelompokku ada sekitar 15 ibu , kami rencana bikin tebak tebakan benda..yang pertama butuh projector dan layar besar , ibu ibu nya bikin bentuk bentuk lucu yg mudah dikenal sama anak anak.. terus ditaruh di depan projector jadi kelihatan bayangannya ..dan anak anak disuruh tebak.
game yang kedua..teteep main tebak tebakan benda..cuman yang ini kita pake bantuan tirai..tirainya ditutup sedemikian rupa hingga tinggal sekitar 1 meter yg terbuka..terus kita saling lempar tangkap benda yang kelihatan dari celah itu..kan cuman kelihatan sekilas tuh bendanya, trus anak anak disuruh nebak lagi..
trus show yang ketiga nampilin lagu happy birthday deh..masing masing ibu pegang alat musik, aku kebagian pegang drum.. heheee

Tanjoukainya dilaksanain pas hari Rabu..karena hari Rabu TK cuman sampai jam 11.30 saja..jadi seharian buat acara tanjoukai mulai jam 9.30 sampe 11.30..
Pertama yang ulangtahun di dua bulan itu dipanggil satu persatu ke atas panggung, diberi mahkota ..trus mereka duduk diatas panggung, setelah itu nyanyi bareng..nyanyian tanjoukai, trus juga masing masing kelas pada nampilin nyanyian..lucuuu banget.., setelah itu baru show dari ibu ibunya.

trus pas di hari mereka ultah nanti..di kelas masing masing juga akan nyanyi tanjoukai khusus buat anak yg ultah di hari itu..dan pas hari itu dikasih bingkisan gambar yg ada cap tangan mereka, ada fotonya dan ada pesen dari senseinya...ureshikatta.

jadi begitulah acara tanjoukai di TK zaika..gak ada yang bawa kue, ataupun bawa kado, tapi teteeep berkesan banget buat mereka..apalagi yang tampil saat itu ibu ibu mereka mereka sendiri . zaika juga seneng banget, dia gak sabar buat ceritain ke ayahnya tentang tanjoukainya hari itu..

dengan acara yang dikemas seperti ini, menghindari juga kecemburuan dari anak anak kayaknya ya..karena gak ada salah satu anak yg khusus ngadain pesta di sekolah, sedang mungkin anak lain karena berbagai kondisi mereka tidak ngadain di sekolah.., perkara nanti di rumah mau ngadain sendiri ya silahkan ya,  dan kelebihan lainnya karena ini bagian dari kerja team  para ibu untuk anak anaknya. 

demikian ceritanya
sampai ketemu lagi

Wassalam
Nieke Pin It

No comments:

Post a Comment